PROFIL MI. MIFTAHUS SHOLAH
BALONGMOJO - PURI - MOJOKERTO
1. Sejarah Berdirinya Madrasah
BALONGMOJO - PURI - MOJOKERTO
Kualitas sumber daya manusia sebagai penentu kemajuan suatu bangsa dan dunia pendidikanmerupakan barisan terdepan didalam penempatansumber daya manu7sia yang berkualitas untuk menentukan kemajuan dan masa depan bangsa. Dengan alas an yang sangat mendasarinilah maka didalam ketetapan MPR No.II/MPR/1993 tentang GBHN disebutkan bahwa pendidikan dasar sebagai jenjang awal dan pendidikan disekolah lebih ditingkatkan pemerataan, kualitas, dan pengembangan dapat memberikan pembentukan dasar pribadi m anusia sebagai warga masyarakat yang berbudi pekerti luhur, beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Penanganan pertama dalam hal pendidikan adalah masalah pemerataan dan kualiatas. Termaksuk didalamnya pemenuhan sarana da prasarana. Adapun profil Madrasah Ibtidaiyah Miftahus Sholah telah dijelaskan dalam keterangan berikut.
1. Sejarah Berdirinya Madrasah
Komunitas umat islam khususnya di desa balongmojo adalah sosok yang fanatic terhadap Agama. Sehingga ada keinginan menyekolahkan anaknya ke madrasah. Tetapi pada kenyataannya bahwa di desa balongmojo hanya terdapat Sekolah Dasar yang letaknya di Dusun Setoyo. Atas dasar itulah tokoh-tokoh masyarakat desa Balongmojo berudsaha untuk mendirikan madrasah. Peristiwa tersebut terjadisekitar tahun 1969.
Masyarkat berpendapat bahwa pembekalanbagi anak adalah modal hidup keselamatan dunia akhirat. Persepsi massyarakat pada saat itu bahwa orang ayng paling berpengaruh di masyarakat adalah kiyai atau ulama’. Di sisi lain secara geografis letak MI lain sangat Jauh dari desa balongmojo. Inilah awal pemikiran pendirian Madrasah Ibtidaiya.
2. Tujuan Pendidikan
1. Tujuan Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Tujuan Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah adalah meningkatkan kecerdasan,pengetahuan, kepribadian,akhlak mulia, serta ketrampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti lebih lanjut.
2. Visi, Misi, dan Tujuan Sekolah
Visi: ( BESTARI )
Beriman, Bertaqwa, Berdisiplin, Berprestasi, Berbudaya Santun, Berwawasan Adiwiyata dan Lingkungan Sehat, serta Berkreasi dengan Semangat Mentari dan Memiliki Daya Saing Tinggi di Era Globalisasi.
Indikator:
- Unggul dalam Imtaq.
- Unggul dalam Kedisiplinan.
- Unggul dalam Prestasi Akademik.
- Unggul dalam Prestasi Non Akademik.
- Unggul dalam Menciptakan Lingkungan Sehat. dengan Semangat Mentari.
Misi :
- Menumbuhkan dan meningkatkan Keimanan, Ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa serta meningkatkan sikap disiplin dalam membentuk warga sekolah yang berbudaya santun dan berakhlak mulia.
- Meningkat Proses Pembelajaran dan Bimbingan serta Pembinaan secara terus menerus dalam mencapai Prestasi di bidang akademik dan non akademik.
- Meningkatkan pelayanan terhadap peserta didik dalam mengembangkan segala potensi diri sesuai dengan bakat dan minat..
- Memberdayakan seluruh warga sekolah secara optimal dengan semangat mentari dalam menciptakan lingkungan sekolah yang bersih dan sehat.
- Menghemat SDA dengan prinsip 3 R (Reduce, Reuse, Recycling )
- Mewujudkan tujuan pendidikan yang memenuhi 8 Standar Nasional Pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas dan mampu bersaing di era globalisasi.
- Meningkatkan upaya pengelolaan sampah mandiri
- Turut menjaga ketersediaan air bawah tanah dengan meningkatkan ruang terbuka hijau disekolah
- Menumbuhkan budaya peduli lingkungan bagi semua warga sekolah
3. Tujuan Sekolah :
- Membangun citra Madrasah Ibtidaiyah Miftahus Sholah Balongmojo Puri sebagai sekolah yamg didambakan masyarakat dengan peningkatan kualitas layanan terhadap peserta didik.
- Meningkatkan efektifitas belajar mengajar yang inovatif, dan dapat memotivasi siswa menjadi kreatif, mandiri dan berbudi pekerti luhur dengan didukung pengembangan minat siswa melalui kegiatan ekstra kurikuler.
- Mewujudkan Madrasah Ibtidaiyah Miftahus Sholah Balongmojo Puri sebagai Wiyata Mandala dan Adiwiyata, serta dapat menghasilkan lulusan yang mampu bersaing ditingkat regional, nasional dan global.
- Terwujudnya peningkatan kualitas lulusan dengan mengacu pada tujuan Madrasah Ibtidaiyah Miftahus Sholah Balongmojo Puri, serta tujuan kurikuler yang ada di dalam KTSP dan SKM.
- Terciptanya kegiatan belajar mengajar yang dapat memotivasi siswa untuk berinisiatif, inovatif serta mengembangkan minat pada kegiatan ekstra kulikulrer.
- Tertingkatkannya citra Madrasah Ibtidaiyah Miftahus Sholah Balongmojo Puri di tengah- tengah masyarakat pendidikan khususnya dan masyarakat pada umumnya.
- Terwujudnya Madrasah Ibtidaiyah Miftahus Sholah Balongmojo Puri sebagai Wiyata Mandala dan Adiwiyata.
4. Landasan
Dengan terjadinya reformasi di dunia Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Miftahus Sholah Balongmojo Puri menyusun sebuah Kurikulum Sekolah yang dijadikan pedoman dalam penyelenggaraan Pendidikan berdasar Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 38 ayat 2 dan Pasal 51 ayat 1, Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan Pasal 17 ayat 2 dan Pasal 49 ayat 1, Peraturan Mendiknas Nomor 24 Tahun 2006 tentang pelaksanaan Permen Diknas nomor 22 dan 23.
5. Identitas Madrasah
Nama Madrasah : Miftahus Sholah
Status : Terakreditasi B
NSM : 111 235 160 093
NSS : 124 050 302 012
NPSN : 20555758
Letak Madrasah : Dsn. Setoyo, Ds. Balongmojo, Kec. Puri, Mojokerto
Tahun Berdiri : 1969
Tahun Beroperasi : 1969
Status Tanah : Tanah Waqaf
Status Bangunan : Milik Sendiri
Luas Pekarangan : 2.966 m2
Luas Bangunan : 624 m2
Luas Lapangan Olah Raga : 300 m2
Jumlah Gedung : 3 Bangunan
Jumlah Ruang : 10 Ruang, terdiri dari :
Ruang Guru / Kantor : 1 Ruang
Ruang Kelas : 7 Ruang
UKS / Perpustakaan : 1 Ruang
Kamar Mandi : 1 Ruang
WC : 1 Ruang
6. Sarana & Fasilitas Lain
Meja Siswa : 105
Kursi Siswa : 195
Pesawat Telepon : -
Alat-alat Olah Raga : Bola Voli : 1 Buah Pemukul Kasti : 1 buah
Bola Sepak : 2 Buah lompat Tali : 4 buah
Raket : 1 Pasang Bola Takraw : 1 Buah
Net : 1 Buah
Alat Peraga Telinga : 1 Buah
Alat Peraga Mata : 1 Buah
Komputer : 2 Buah
7. Keadaan Siswa & Tenaga Pendidik
Pada umumnya murid MI Miftahus Sholah barasal dari RA Al Halimatus Sa’diyah yang masih satu yayasan dengan MI Miftahus Sholah. Tetapi ada juga yang berasal dari TK lain di luar desa Balongmojo. Berikut data siswa dan tenaga pendidik yang mengajar di MI Miftahus Sholah :
Daftar Jumlah Siswa MI Miftahus Sholah Tahun Pelajaran 2010-2011
No. | Kelas | Laki-laki | Perempuan | Jumlah |
1. | I | 15 | 12 | 27 |
2. | II | 12 | 19 | 31 |
3. | III | 20 | 17 | 37 |
4. | IV | 21 | 17 | 38 |
5. | V | 20 | 20 | 40 |
6. | VI | 15 | 17 | 32 |
Jumlah | 103 | 102 | 205 |
Daftar Guru MI Miftahus Sholah Tahun Pelajaran 2010-2011
No. | Nama | Rincian | Keterangan | ||
Gol. | Ijazah | Alamat Rumah | |||
1. | M.Syafiudin, S.PdI. | - | S-1 | Balongmojo | KAMI |
2. | Siti Fatimah, S.PdI. | - | S-1 | Balongmojo | Wali Kelas I |
3. | Maslahah, S.PdI. | - | S-1 | Balongmojo | Wali Kelas II |
4. | Nurul Ainiyah, S.Pd. | - | S-1 | Medali | Wali Kelas III |
5. | Umi Khoyaroh, S.Pd. | - | S-1 | Jatirejo | Wali Kelas IV |
6. | Dra. Sriyatun | - | S-1 | Kenanten | Wali Kelas V |
7. | Febora Eko Puji S., S.Pd NIP.198302192005011002 | II/C | S-1 | Bancang, Wates | Wali Kelas VI |
8. | H.Subhi | - | MA | Balongmojo | Guru |
9. | H. Maulana Thohir, A.Ma | - | D-2 | Balongmojo | Guru |
10. | Abdul Rouf, S.PdI. | - | S-1 | Tangunan | Guru |
11. | M. Ali Rohmad, S.PdI. | - | S-1 | Balongmojo | Guru |
12. | Mahfudin, A.Ma. | - | D-2 | Balongmojo | Guru |
13. | Wiwik Mardiyah, S.PdI. | - | S-1 | Balongmojo | Guru |
14. | Hj.Istiqomah | - | PGAN | Kedungmaling | Guru |
15. | Ahmad Salam, A.Ma | - | D-2 | Balongmojo | Guru |
16 | Lina Rihatul H., S.Si. | - | S-1 | Balongmojo | Guru |
17 | Erma Juwita S., S.PdI. | - | S-1 | Balongmojo | Guru |
Prestasi Siswa
No. | Tingkat Juara | Jenis Prestasi | Tahun | Tingkat | Penyelenggara |
1. | Juara III | Kebersihan lingkungan MI HAB DEPAG | 1996 | Kabupaten | Kandepag |
2. | Juara II | Lomba cerdas cermat MI se kec. Puri | 2002 | Kecamatan | KGMI |
3. | Juara I | Cerdas cermat | 1997 | Kabupaten | LP. Ma’arif |
4. | Juara IX | Lomba siswa teladan | 2010 | Kabupaten | LP. Ma’arif |
5. | Juara V | Lomba pidato Bhs. Indonesia | 2010 | Kabupaten | LP. Ma’arif |
8. Struktur Pengurus Madrasah
a. Pengurus Yayasan
1). Dewan Pembina : 1. H. Subhi
2. H. Abdul Azis
3. H. Tarmudji
2). Dewan Pengawas : 1. H. Mohtar Samhadi, S.Ag.
2. Agus Fujianto
3. Sunyoto
3). Ketua : H. Maulana Thohir, A.Ma.
4). Wakil : Ahmad Fauzi, A.Ma.
5). Sekretaris : A. Muslikh
6). Bendahara : H. Mahfud
b. Pengurus Komite
1). Ketua : Drs. Agus Mulyono
2). Sekretaris : M. Mansur
3). Anggota : - Hariyanto - Nuriyadi
- Mujiono - Mahfud
- H. Mahsun Zunaidi - H. Masrul
- H. Zainal Hasani Ihsan - M. Su’ud
- Suyanto - H. Partakim
PENUTUP
Alkhamdulillah kami panjatkan kehadirat Allah SWT atas segala rahmat serta petunjuknya sehingga profil madrasah ini dapat kami buat dengan sebenar-benarnya. Profil madrasah ini disusun sebagai identitas diri dari madrasah kami. Dengan melihat segala kekurangan dan kelebihan yang ada di madrasah ini, diharapkan tetap tercapai tujuan, visi, misi yang telah tertulis
Mudah-mudahan madrasah ini dapat memenuhi segala kebutuhan peserta didik meskipun dengan sarana dan prasarana yang terbatas.
Kepala MI Miftahus Sholah Balongmojo
M. SYAFIUDIN, S.PdI