Rabu, 12 Januari 2011
MATEMATIKA
BUJUR SANGKAR AJAIB
Bujur Sangkar dalam sebuah 1 lembar papan bermagnet.
Cara main :
menyusun angka 1sampai 16 pada semua garis, baik vertikal, diagonal, horizontal sehingga berjumlah sama yaitu : 34 (1 formasi permainan).
Kesulitan : Sulit
Pemakai : Sekolah Dasar Ke Atas
LINGKARAN AJAIB
3 buah lingkaran yang saling berpotongan pada 1 lembar papan bermagnet.
Cara main adalah :
menyusun angka 1 sampai 12 pada setiap titik setengah lingkaran sehingga berjumlah : 39, dan jumlah setiap titik potong dua lingkaran berjumlah sama yaitu : 13 (3 formasi permainan).
Kesulitan : Cukup Sulit
Pemakai : Sekolah Dasar Ke atas
SEGITIGA AJAIB
Alat peraga Matematika yang dapat difungsikan sebagai mainan edukasi berupa Segitiga Sama Sisi dalam sebuah 1 lembar papan bermagnet. Dilengkapi 9 (sembilan) koin angka 1sampai 9 bermagnet.
Cara main alat ini adalah :
menyusun angka 1 sampai 9 pada ketiga sisi segitiga, sehingga jumlah setiap sisi segitiga berjumlah sama yaitu : 17, 19, 20, 20, 20, 20, 21, 23. (8 formasi permainan).
Tantangan Formasi 17 maksudnya adalah : menyusun 4 Koin Magnet ber-angka sehingga sisi kiri segitiga berjumlah 17, sisi kanan berjumlah 17 demikian juga sisi bawah berjumlah 17. (Perhatikan gambar di atas, masing-masing sisi berjumlah 17). Masih ada 7 formasi lainnya yaitu :19, 20, 20, 20, 20, 21, 23
Kesulitan : Cukup Sulit
Pemakai : Minimal 5 Tahun (mulai bisa berhitung)
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar